Manfaat Traveling Yang Harus Kamu Ketahui

Apa sih arti Traveling atau pelancong ? Menurut saya Traveling adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh individu atau kelompok ke suatu tempat yang belum pernah disinggahi sebelumnya. Mungkin itu Pantai, Pegunungan, dan Perkotaan. Yang pasti perjalanan ke tempat – tempat yang menarik. Lalu bagaimana dengan Traveler ? Kalo menurut saya Traveler adalah orang yang sedang melakukan Traveling. Dan saya adalah orang yang sangat menyukai Lautan dari pada pegunungan atau perkotaan. Alasanya karena tubuh saya lebih bisa beradaptasi dengan suhu panas daripada suhu dingin yang biasanya berada di daerah pegunungan. Selain itu menurut saya pantai lebih mengasikan daripada gunung. Tetapi pada artikel ini saya akan membahas tentang beberapa Manfaat Traveling menurut saya. Langsung aja mulai pembahasanya.

 

Beberapa Manfaat Traveling

Manfaat Traveling Yang Harus Kamu Ketahui

Traveling Mempertemukan Kita Dengan Orang – Orang Baru

 

Apabila kalian penggemar kartun Anime pasti sudah tidak asing dengan Hunter X Hunter. Di kartun tersebut ada karakter bernama Senritsu yang pernah mengatakan “Perjalanan akan membawa teman”. Awalnya saya biasa saja dengan perkataan ini tetapi setelah saya melakukan beberapa perjalanan, Saya menyadari perkataan Senritsu tadi ada benarnya juga.

 

Ketika saya menjadi seorang Traveler, Saya lebih banyak menggunakan paket wisata Open Trip. Yang artinya saya harus bergabung dengan orang – orang yang saya belum kenal sebelumnya. Dan inilah manfaat Traveling yang menurut saya paling berkesan. Apalagi kalo kita dipertemukan dengan orang – orang yang asik. Bahkan Terkadang pertemanan itu akan terus berlanjut dan akan dipertemukan di Traveling selanjutnya.

 

Menghilangkan Penat

 

Melakukan sebuah perjalanan tentu saja akan membuat otak kita fresh kembali, Itulah salah satu manfaat Traveling. Percayalah keluar dari rutinitas yang membosankan untuk beberapa waktu adalah suatu hal yang menyenangkan. Hidup hanya sekali jadi jangan sia – siakan jatah hidupmu hanya untuk sesuatu yang membosankan.

 

Merubah Cara Berfikir Dan Cara Pandang

 

Dulu saya berfikir bahwa orang yang berbeda prinsip dan pandangan dengan saya adalah orang yang tidak layak untuk dijadikan seorang teman. Karena saya menganggap mereka yang berbeda prinsip dengan saya adalah orang – orang yang salah. Tetapi setelah saya melakukan beberapa Traveling saya baru menyadari bahwa berbeda pandangan bukan berarti tidak bisa berteman. Justru perbedaan cara berfikir dan cara pendang itulah yang membuat pertemanan menjadi sempurna sekaligus lebih berwarna. Manfaat Traveling memang luar biasa, Sedikit demi sedikit saya memiliki cara berfikir dan cara pandang yang berbeda dari sebelumnya. Dan saat ini saya menyadari bahwa setiap individu memiliki cara berfikir sekaligus cara pandang yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa perbedaan bukanlah suatu hal yang harus diperdebatkan untuk menjadi sama. Karena menurut saya cara berfikir dan cara pandang seseorang itu ditentukan dari bagaimana kita dibesarkan, dengan siapa kita bergaul, dan kejadian – kejadian apa yang selama ini kita alami. Hal itulah yang membuat setiap individu memiliki cara pandang yang berbeda – beda. Intinya adalah semakin banyak kau melakukan Traveling maka kau akan menemukan banyak sekali perbedaan. Boleh jadi kita berbeda dalam beberapa hal. Mungkin itu Ras, Suku, dan Agama. Tetapi jangan pernah lupa bahwa kita sudah sepakat dalam satu hal yaitu kita adalah ORANG INDONESIA.

 

Tidak Mudah Baper

 

Sama seperti Manfaat Traveling sebelumnya, Berbeda bukan berarti musuh. Itulah kenapa ada selogan “Jangan lupa jalan – jalan”. Inilah salah satu manfaat Traveling yang menurut saya sangat berguna untuk kehidupan kita sehari – hari. Jadi kalo ada orang yang gampang baper maka mainya kurang jauh. Maka kalian harus jelaskan beberapa manfaat Traveling kepada mereka.

 

Lebih Percaya Diri

 

Manfaat Traveling yang satu ini sangat amat berguna bagi saya, Karena pada dasarnya saya adalah orang yang sangat pemalu. Tetapi sedikit demi sedikit rasa malu itu hilang dan berganti menjadi rasa percaya diri. Open Trip, Itulah paket wisata yang saya ambil  dihampir semua perjalanan yang saya lakukan. Otomatis saya harus bertemu dengan orang – orang baru disetiap perjalanan saya.

 

Dan saya harus lebih percaya diri agar bisa bersosialisasi dengan orang – orang baru tersebut. Karena apabila tidak saya akan menjadi seorang Traveler yang antisosial selama perjalanan tersebut. Jujur bisa dibilang bagi saya Traveling adalah sesuatu kegiatan yang sangat berguna untuk kalian yang ingin menambah rasa kepercayaan diri.

 

Belajar Beradaptasi

 

Ketika melakukan perjalanan kesuatu tempat yang baru. Mau tidak mau suka tidak suka kita harus bisa cocok dengan keadaan tersebut. Mungkin seperti kondisi kamar mandi yang kondisinya sangat berbeda dengan dirumah, Setelah itu kondisi tempat tidur yang kadang kurang membuat nyaman, dan yang paling tidak mengenakan adalah kita mendapatkan teman yang menyebalkan. Seperti tidak mau berbaur dengan yang lain.

Dan saya pernah mendapatkan teman – teman yang menyebalkan tersebut. Mereka sama sekali tidak mau berbaur dengan peserta lainya, Tentu saja saat itu saya sangat jengkel dengan mereka. Tetapi biarpun saat itu saya sangat jengkel dengan mereka, Saya tetap harus ramah dengan mereka. Alhamdulillah, saya hanya sekali dipertemukan dengan orang – orang yang menjengkelkan tersebut. Semoga saya selalu dijauhkan dari orang – orang yang memiliki sifat seperti itu. Amien…

 

Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

 

Manfaat Traveling yang satu ini sangatlah berguna bagi kehidupan kita sehari – hari. Apalagi kalau kalian mengambil paket wisata Open Trip seperti yang saya lakukan, Dan pastinya Open Trip akan mempertemukan kalian dengan orang – orang yang belum pernah kalian kenal sebelumnya. Disinilah skill komunikasi kalian akan benar – benar diuji, Dan kesan pertama sangatlah berpengaruh dalam menentukan kedekatan kita dengan seseorang.

 

Saran saya adalah berusahalah untuk menjadi orang yang menyenangkan. Jadilah orang yang banyak mendengarkan dari pada berbicara. Setiap mendapatkan pertanyaan maka jawab seperlunya lalu usahakan untuk balik bertanya. Itulah kunci menjadi orang yang menyenangkan menurut saya, Karena dengan cara tersebut saya bisa selalu dekat dengan para peserta lainya selama perjalanan sama seperti layaknya teman lama. Bahkan setelah wisata tersebut berakhir. Dan kemampuan ini akan sangat berguna bagi kehidupan kalian sehari – hari. inilah salah satu manfaat menjadi seorang Traveler.

 

Mengenal Budaya Baru

 

Sudah bukan rahasia lagi apabila negeri kita tercinta yaitu INDONESIA memiliki banyak sekali Suku, Ras, dan budaya. Tentu saja hal itu jugalah yang membuat saya lebih tertarik untuk melakukan perjalanan dalam negri dari pada ke luar negri. Selain budayanya, Indonesia juga terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat luar biasa. Dari sini jelas tidak ada ruginya untuk menjadi seorang Traveler. Akhir kata saya mohon doa dari kalian agar saya bisa menjelajahi wilayah timur Indonesia terutama NTT dan NTB.

 

“Dialah yang menjadikan Bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, Maka jelajahilah disegala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezekinya. Dan hanya kepada-nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” – Al-Mulk, Ayat 15 –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!