Catatan Perjalanan 22Portgas Di Tahun 2019

Seperti layaknya kota Loguetown di dunia One Piece yang dikenal sebagai tempat dimana semua berawal dan berakhir. Taman Nasional Ujung Kulon juga merupakan tempat dimana 22portgas mengawali sekaligus mengakhiri petualangan 22portgas pada tahun 2019. Memang pada tahun 2019 ini 22portgas tidak terlalu banyak membuat teori – teori sekaligus opini tentang cerita One Piece.

Itu karena di tahun 2019 ini 22portgas memiliki berbagai kesibukan yang harus diprioritaskan. Tetapi Alhamdulilah ditengah – tengah kesibukan tersebut 22portgas masih sempat melakukan Traveling ke berbagai tempat dengan menjadi solo traveler.

Memang tempat – tempat yang 22portgas kunjungi kebanyakan masih disekitar pulau jawa. Tetapi ada banyak hal – hal baru yang 22portgas dapatkan disetiap perjalanan. Diantaranya adalah cara pandang, pola pikir, dan kawan – kawan baru yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Alhamdulilah selama menjadi traveler, 22portgas selalu dipertemukan dengan orang – orang yang ramah, baik dan yang paling penting adalah mau berbaur alias tidak sombong. Inilah pengalaman – pengalaman tentang beberapa tempat yang 22portgas kunjungi selama tahun 2019. Semoga kalian bisa menikmati pembahasanya.

Taman Nasional Ujung Kulon Dan Pulau Peucang

Diawal tahun 2019 tepatnya sekitar bulan maret 22portgas melakukan perjalanan ke Taman Nasional Ujung Kulon. Disana terdapat sebuah pulau yang sangat indah dan masih alami bernama Pulau Peucang. Bahkan dipinggir pantainya saja kita bisa melihat banyak sekali ikan – ikan yang berenang.

Traveling Pulau Peucang
Suasana Pulau Peucang Di Daerah Taman Nasional Ujung Kulon Yang Masih Sangat Alami Cocok Untuk Menenangkan Diri

Dan pada malam hari, ketika kita pergi ke dermaga maka kita dan menghadap ke langit. Maka kita akan melihat begitu banyak bintang – bintang berbebaran dilangit pulau Peucang. Dan apabila beruntung kita juga bisa melihat bulan purnama dengan sangat jelas ditempat ini. Suasana yang tenang juga akan membuat tubuh ini menjadi semakin relax.

Jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas sehari – hari. Dan ketika di pulau Peucang, 22portgas bertemu dengan seorang teman yang nantinya juga menemani traveling 22portgas ke pulau pari sebagai seorang traveler. “Perjalanan akan membawa teman” itulah yang dikatakan Senritsu kepada Kurapika di Anime Hunter X Hunter.

Lalu pada bulan desember 2019, 22portgas juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat yang indah ini. Tentu saja terdapat beberapa perbedaan antara perjalanan pada bulan maret dan desember 2019. Salah satu perbedaan tersebut adalah destinasi wisata yang dikunjungi. Seperti Tanjung Layar dan Sungai Cigenter.

Sungai Amazon Di Indonesia Itu Bernama Sungai Cigenter

Pada bulan desember 2019 kemarin, ketika 22portgas melakukan traveling ke Taman Nasional Ujung Kulon. 22portgas berkesempatan untuk mengunjungi Sungai Cigenter yang disbut – sebut sebagai Sungai Amazonya Indonesia. Dan Sungai Cigenter ini merupakan salah satu tempat yang tidak 22portgas kunjungi ketika traveling ke ujung kulon pada bulan Maret 2019 lalu.

Sungai Cigenter
Menyusuri Sungai Cigenter Yang Masih Alami

Karena saat itu perahu – perahu yang digunakan untuk menyusuri sungai sedang tidak ada akibat bencana tsunami. Di sungai Cigenter ini kita bisa menikmati suasana alam liar sambil mendayung perahu kecil. Sambil mendayung kita juga bisa mendengarkan suara burung – burung yang berkicau. Sekaligus perasaan tenang dan damai pun bisa sangat terasa di tempat ini.

Tidak heran apabila tempat Sungai Cigenter ini kerap disebut sebagai sungai Amazonya Indonesia. Karena menurut 22portgas suasananya mirip seperti sungai amazon yang ada di brazil. Tetapi tetap harus berhati – hati, Karena disini juga pastinya masih terdapat hewan – hewan liar yang belum familiar dengan keberadaan manusia.

Ujung Barat Pulau Jawa Tanjung Layar

Walaupun ketika bulan Maret tidak bisa menyusuri sungai Cigenter tetapi saat itu 22portgas berkesempatan untuk mengunjungi tempat paling ujung barat dari pulau jawa, Tempat itu bernama Tanjung Layar. Dan untuk bisa sampai ketempat ini kalian harus terlebih dahulu menyusuri hutan. 22portgas sarankan agar kalian memakai sepatu sandal ketika akan berkunjung ke Tanjung Layar.

Inilah Tanjung Layar Yang Merupakan Ujung Barat Dari Pulau Jawa

Saat berkunjung ke Tanjung Layar 22portgas hanya menggunakan sandal. Dan itu sangat menguras energi, Karena terkadang jalan yang kita lewati itu berlumpur dan juga kayu – kayu pohon yang tumbang. Selain sepatu sandal bawalah tempat minum karena kemungkinan kalian akan kehausan setelah berjalan menyusuri hutan untuk ke Tanjung Layar.

Tetapi begitu sampai di Tanjung Layar kita akan melihat pemandangan laut lepas yang sangat indah. Selain itu disana juga terdapat tebing berbatu yang berhadapan langsung ke laut. Intinya kalian tidak akan menyesal karena telah mengunjungi tempat ini. ditambah lagi untuk orang – orang yang memiliki jiwa petualang seperti 22portgas.

Melihat Hewan – Hewan Laut Dan Darat Secara Langsung

Selain sungai Cigenter dan Tanjung Layar, Taman Nasional Ujung Kulon juga memberikan 22portgas pengalaman untuk melihat hewan – hewan laut yang menarik saat melakukan Snorkeling. Salah satu hewan yang 22portgas lihat ketika Snorkeling di daerah Taman Nasional Ujung Kulon ini adalah seekor Gurita yang berwarna merah.

Pada awalnya 22portgas mengira itu hanyalah batu karang biasa yang berwarna merah. Tetapi setelah diperhatikan batu karang tersebut bergerak dan kabur dengan sangat cepat. Dari situlah 22portgas mengetahui bahwa itu bukan batu karang yang berwarna merah tetapi Gurita yang berwarna merah.

Ikan badut Atau Ikan Nemo Di Ujung Kulon
Ikan Badut Yang Tidak Bisa Jauh Dari Anemon Lautnya

Selain Gurita, ada juga Ikan – ikan badut atau biasa disebut dengan Ikan Nemo yang bersembunyi di anemon – anemon laut. Buat kalian yang biasa melakukan traveling pasti mengetahui bahwa Ikan Badut bisa ditemui di banyak tempat. Setidaknya 22portgas pernah bertemu dengan ikan badut ini pada spot – spot snorkelling yang ada di Pulau Sangiang, Karimun Jawa, Pahawang, dan Peucang.

Hal yang 22portgas lihat ketika berkunjung ke Pulau Peucang ini adalah ikan lionfish secara langsung di tempat ini. Ada juga ubur – ubur dengan berbagai ukuran mulai dari yang besar hingga yang kecil, Bahkan terkadang tidak terlihat sama sekali. Tetapi gigitanya sangat terasa dibadan. Terkadang 22portgas juga menemukan terumbu karang yang indah.

Dan yang paling membuat 22portgas bersyukur adalah 22portgas diberikan kemampuan untuk menyelam ketempat yang lebih dalam agar bisa melihat itu semua. Memang fasilitas yang tersedia dipulau ini masih sangat apa adanya tetapi keindahan alam disini sangat amat luar biasa. Selain hewan – hewan laut, 22portgas juga menjumpai biawak, rusa, babi hutan, monyet, dan burung merak di pulau ini.

Traveling ke Ujung Kulon Pulau Peucang
Seekor Babi Hutan Yang Terlihat Sedang Mencari Makan Disekitar Penginapan Di Pulau Peucang

Jujur, Selama ini 22portgas hanya melihat hewan tersebut melalui foto atau TV. Tetapi pada saat traveling ke Ujung Kulon dan Pulau Peucang, 22portgas melihat hewan – hewan ini secara Live. Benar – benar pengalaman yang tidak akan terlupakan. Percayalah hewan – hewan tersebut lebih mengagumkan ketika dilihat secara langsung.

Padang Rumput Savana Cidaon Di Taman Nasional Ujung Kulon

Ada lagi tempat yang menarik ketika berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Tempat tersebut adalah padang rumput Savana Cidaon. Di tempat ini kita bisa melihat banteng – banteng yang sedang asik memakan rumput – rumput hijau. Pada bulan Maret 2019, 22portgas berkunjung ketempat ini pada pagi hari.

Padang Savana Cidaon Ujung Kulon
Di Padang Savana Cidaon Terkadang Kita Bisa Melihat Banteng Dan Burung Merak Yang Sedang Merumput

Dan saat itu 22portgas beruntung karena bisa melihat banteng – banteng di Savana Cidaon ini. Lalu pada bulan Desember 2019, 22portgas berkunjung ke tempat ini untuk kedua kalinya pada sore hari. Saat itu 22portgas tidak melihat adanya hewan – hewan liar seperti banteng dan merak yang biasanya muncul di tempat ini. Tetapi tidak masalah, Karena sensasi dan kesenanganya tetap sama.

Pulau Karimun Jawa Tempat Yang Tepat Untuk Jatuh Cinta

Sebelumnya 22portgas pernah membahas mengenai pengalaman 22portgas ketika melakukan traveling ke pulau karimun jawa pada artikel sebelumnya. Jadi buat kalian yang ingin mengetahuinya secara lengkap bisa langsung ke artikel 22portgas sebelumnya mengenai Pulau Karimun jawa. Entah kenapa diantara semua perjalanan yang 22portgas lakukan pada tahun 2019.

Traveling Ke Pulau Karimun Jawa
Pulau Karimun Jawa Dari Bukit Love

Pulau karimun jawa selalu memiliki tempat yang istimewa dihati 22portgas. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa Pulau KarimunJawa merupakan tempat tepat terbaik untuk jatuh cinta. Mungkin itu ada benarnya, Karena 22portgas sendiri jatuh hati dengan pulau yang indah dan mempesona ini. Para penduduknya yang ramah juga membuat 22portgas semakin jatuh hati pada tempat ini.

Para Tour Leader yang juga sangat ramah, Bahkan mereka menganggap kami para peserta seperti teman lama mereka. Sambutan yang begitu hangat ini sangat sulit untuk dilupakan. Ditambah lagi saat 22portgas berkunjung ke pulau karimun jawa ini, 22portgas dipertemukan dengan teman – teman sesama traveler yang alhamdulilah baik – baik dan juga ramah.

Mereka tinggal di berbagai kota di daerah jawa tengah yang ketika itu masih berstatus mahasiswa, Meskipun begitu kami tetap masih saling bertegur sapa melalui DM Instagram atau Whatsapp. Dan alhamdulilah saat ini semuanya sudah lulus dari universitas masing – masing. Walaupun hanya bertemu sebentar tetapi bagi 22portgas mereka seperti layaknya seorang teman lama.

Pulau Karimun Jawa dan taman nasional ujung kulon
Pantai Ujung Gelam Di Pulau Karimun Jawa

Ada beberapa tempat yang iconic di pulau ini, Salah satunya adalah Bukit Love. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto dengan pasangan dan teman – teman. Tetapi apabila kalian kesini seorang diri alias jomblo juga tidak masalah. Karena saat itu 22portgas juga pergi ke tempat ini seorang diri dan masih berstatus Jomblo.

Semoga 22portgas bisa berkunjung ke tempat ini lagi di tahun 2020 nanti dengan mambawa seorang pasangan yang sudah halal pastinya. Karena ada beberapa tempat yang ingin 22portgas kunjungi di pulau karimun jawa ini. Salah satu tempat tersebut adalah Pantai Annora, batu topeng, dan bukit joko tuwo. Jujur dua tempat tersebut membuat 22portgas penasaran sampai sekarang.

Berkelana Di Kota Kuala Lumpur

Selain pulau karimun jawa, 22portgas juga pernah membahas mengenai pengalaman 22portgas ketika berkunjung ke Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Walaupun sebenarnya ini merupakan destinasi yang tidak pernah 22portgas rencanakan. Tetapi 22portgas tetap bersyukur sudah diberikan rezeki untuk bisa berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia.

KL Tower Kuala Lumpur
Penampakan Menara Petronas Dari KL Tower

Saat itu 22portgas pergi bersama dengan keluarga. Hal itulah yang membuat perjalanan menuju Kuala Lumpur menjadi begitu special. Bukan masalah pergi kemana tetapi pergi dengan siapa. Ada banyak tempat menarik di Ibu Kota Malaysia ini. Salah satunya adalah Menara Kuala Lumpur atau KL Tower dan KLCC yang terdapat Menara kembar Petronas, Masjid Jamek, dan masih banyak lagi.

Lebih lengkapnya kalian bisa langsung membaca artikel 22portgas sebelumnya tentang tempat – teman menarik di Kuala Lumpur. Ketika disana 22portgas juga dipertemukan dengan orang – orang Malaysia yang ramah dan murah senyum. Bahkan sering kali 22portgas meminta tolong orang – orang yang ada disekitar untuk mengfoto 22portgas. Dan alhamdulilah mereka melakukanya dengan sepenuh hati.

Modal Nekat Ke Pulau Pari

Saat itu 22portgas melakukan traveling ke pulau pari tanpa menggunakan travel agen. Dan pergi ke pulau pari bersama dengan teman – teman yang pernah 22portgas temui ketika traveling ke pulau peucang pada bulan maret. Saat itu kami berkunjung ke pulau pari pada hari biasa bukan hari libur, Jadi tidak heran apabila saat itu Pulau Pari terlihat sepi.

Sebenarnya 22portgas sudah pernah mengunjungi pulau Pari sebelumnya. Tetapi karena saat itu teman – teman yang lainya ingin pergi ke pulau Pari pada hari biasa dan tanpa menggunakan agent travel. Maka 22portgas memutuskan untuk ikut berpetualang bersama dengan meraka ke Pulau Pari.

Pantai Perawan
Sunset Di Pantai Perawan

Dan alhamdulilah 22portgas bisa lebih puas untuk menjelajahi pulau Pari walaupun dengan hanya membawa uang yang seadanya. Seperti Pantai Bintang, Pantai Kresek sekaligus tempat yang paling Iconik di Pulau ini, Yaitu Pantai Perawan. Dan ketika disana lagi – lagi 22portgas bertemu dengan orang – orang baru yang juga asik sekaligus menyenangkan.

Walaupun hubungan pertemanan kami berlangsung sangat singkat, Tetapi selama di Pulau Pari kami berjalan dan tertawa bersama dengan orang – orang baru tersebut. Dan bertemu dengan orang – orang baru membuat 22portgas ketagihan untuk melakukan Traveling.

Pulau Sangiang Yang Terbatas Dengan Keindahan Yang Tak Terbatas

Pada pertengahan bulan November 2019, Alhamdulilah 22portgas diberikan rezeki untuk traveling ke pulau Sangiang. Sebuah pulau kecil yang terletak diselat sunda dan diapit oleh pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Fasilitas dipulau ini memang masing sangat seadanya, Tetapi itu bukanlah sebuah masalah bagi seorang 22portgas.

Bukit Bengal Pulau Sangiang
Biarpun Fasilitas Di Pulau Ini Masih Terbatas, Tetap Saja Keindahan Pulau Sangiang Tidak Bisa Disembunyikan

Karena bagi 22portgas yang terpenting bukanlah fasilitas. Tetapi bisa menikmati liburan dengan tenang dan nyaman didaerah pantai yang indah, Dan pulau Sangiang memiliki itu semua. Pulau sangiang juga memiliki beberapa spot menarik untuk dikunjungi. Seperti Goa Kelelawar, Bukit Begal, Bukit Arjuna, dan tentu saja Pantai Panjang yang memiliki pasir putih dengan air laut yang biru.

Tetapi kalian juga harus tetap hati – hati, Karena di Pantai ini terdapat batu – batu karang. Walaupun tidak tajam tetapi apabila membentuk kaki tetap saja sakit. Dan disini 22portgas bertemu dengan teman – teman yang memiliki kesamaan dalam hal selera humor. Jadi tidak heran apabila semuanya seperti berbaur menjadi satu kesatuan.

Walaupun sebelumnya kita tidak saling menyapa satu sama lain. Tetapi pada akhirnya kita justru saling kangen dan merasa sangat berat untuk berpisah. Hal ini juga sudah 22portgas bahas pada artikel sebelumnya tentang traveling ke pulau sangiang dan sudut pandang serta teman – teman yang baru. Yap, Saat itu 22portgas bertemu dengan orang – orang yang memiliki banyak kemiripan dengan 22portgas.

Bukit Arjuna Pulau Sangiang
Selain Tempatnya Yang Indah, Di Pulau Sangiang 22portgas Juga Mendapatkan Teman – Teman Yang Kompak

Hal itulah yang membuat Traveling ke pulau sangiang saat itu menjadi terasa sangat istimewa. Entah apakah kita semua akan dipertemukan kembali pada perjalanan selanjutnya atau tidak. Yang jelas mereka sudah membuat 22portgas memiliki sudut pandang yang baru sekaligus kesan yang dalam pada saat berada di Pulau Sangiang.

Memang terkadang hal yang membuat suatu tempat menjadi begitu terkesan bukan hanya keindahan dari tempat tersebut. Tetapi orang – orang yang kita jumpai pada saat kita berkunjung ke tempat tersebut. Dan tempat favorit 22portgas ketika berkunjung ke pulau Sangiang ini adalah Bukit Begal dan Pantai Panjang.

Percayalah keindahan alam Indonesia bukan hanya sekedar wacana belaka. Kalian tidak akan merasa rugi apabila menyisihkan uang kalian untuk berkunjung ke tempat – tempat menarik yang ada di Indonesia. Tetapi ingat, Buanglah sampah pada tempatnya. Mari sama – sama kita jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini agar tetap bersih.

Sunset Di Taman Nasional Ujung Kulon
Bersyukur Untuk Semua Pencapaian Di Tahun 2019 Dan Bekerja Lebih Keras Di Tahun 2020

Mungkin itu saja pengalaman – pengalaman dari perjalanan yang 22portgas lakukan pada tahun 2019. Semoga di tahun 2020 nanti 22portgas bisa Traveling ke daerah timur Indonesia. Seperti Labuan Bajo, Pulau Togean, Pulau Sumba, Pulau Halmahera, Pulau Morotai, Taman Nasional Wakatobi, Raja Ampat, Dan masih banyak lagi.

Intinya 22portgas ingin sekali untuk bisa berkunjung ke semua tempat yang ada di Indonesia, Terutama pantai – pantainya. Jangan takut kehabisa uang karena kebanyakan jalan – jalan, Tapi takutlah pada hari tua tanpa memiliki cerita pengalaman apapun untuk diwariskan. Pokoknya jangan ragu untuk Traveling karena pesona Indonesia Bukan hanya sekedar wacana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!