Pulau Sangiang, Sudut Pandang & Teman Baru

Kali ini 22portgas melakukan perjalanan ke salah satu pulau yang ada di selat sunda, Namanya adalah Pulau Sangiang. Seperti biasa 22portgas lebih memilih untuk menggunakan paket wisata open trip untuk melakukan traveling ke Pulau Sangiang. Tetapi perjalanan kali ini terasa sangat berbeda dengan perjalanan sebelumnya ke pulau karimun jawa.

Memang perjalanan ke pulau karimun jawa sangat berkesan karena saat itu 22portgas bertemu dengan orang – orang yang luar biasa baik dan juga ramah. Hal itu jugalah yang 22portgas dapatkan ketika melakukan perjalanan ke pulau sangiang.

Walaupun fasilitas di Pulau Sangiang masih sangat terbatas, Tetapi pulau ini memberikan memberikan sesuatu yang lebih dari teman baru. Itulah sebabnya kenapa 22portgas berpendapat bahwa perjalanan kali ini begitu istimewa.

Hal itu karena perjalanan ke pulau Sangiang membuat 22portgas bertemu dengan orang – orang yang memiliki selera humor yang sama. Jujur, Kesamaan tersebut membuat kami bersembilan melupakan semua perbedaan yang ada diantara kami.

Pulau Sangiang
Salah Satu Spot Snorkeling Yang Berada Di Pulau Sangiang

Saat itu semua terasa melebur menjadi satu dan menjadi satu kesatuan. Itulah hal pertama yang 22portgas dapatkan ketika melakukan perjalanan ke pulau Sangiang. Selain mendapatkan teman – teman baru yang menyenangkan, 22portgas juga mendapatkan beberapa hal yang sepertinya bisa dishare pada artikel kali ini.

Memang secara fasilitas pulau Sangiang masih jauh dari kata memadai, Tetapi hal itu bukanlah sebuah masalah bagi 22portgas. Bagi 22portgas yang terpenting adalah pengalaman yang bisa didapat dari pulau ini. Biarpun sebenarnya perjalanan kali ini tidak jauh berbeda dengan perjalanan 22portgas sebelumnya.

Seperti Pulau Karimun Jawa yang sudah pernah dibahas sebelumnya, Begitu juga dengan Pulau Pari, Pulau Pahawang dan tempat – tempat lainya. Berikut ini adalah hal – hal yang 22portgas dapatkan ketika melakukan traveling ke Pulau Sangiang.

Memiliki Sudut Pandang Yang Baru

Selain mendapatkan sebuah pengalaman baru, Traveling juga akan membuat kita memiliki cara pandang atau sudut pandang serta pemahaman yang baru mengenai banyak hal. Memang banyak yang membahas demikian, Dan 22portgas sendiri mendapatkan hal tersebut ketika melakukan traveling ke pulau sangiang.

Saat hari sudah menjelang malam, Suasana pun menjadi gelap. 22portgas dan teman – teman seperjalanan lainya berkumpul di teras rumah yang seadanya. Dipimpin oleh seorang Tour Leader (TL) kami di Pulau Sangiang, Ketika itu kami saling berkenalan satu sama lain.

Setelah semuanya selesai memperkenalkan diri suasana pun berubah menjadi sebuah forum diskusi. Dan diskusi tersebut berlangsung lama dari jam 6.30 WIB sampai dengan 10.30 WIB. Ada banyak hal yang kami Diskusikan, Mulai dari pengalaman pribadi sampai dengan cara pandang seseorang mengenai hal – hal tertentu.

Pulau Sangiang
Perjalanan Baru Dengan Sudut Pandang Yang Baru

Kami menyamakan persepsi kami mengenai beberapa hal, Jelas diskusi ini berlangsung dengan banyak arah, Karena hampir semua peserta ikut ambil bagian dan mengutarakan pendapatnya masing – masing. Hal utama yang menjadi pokok pembahasan pada malam itu adalah tempat – tempat wisata yang pernah kami jelajahi.

Seperti Pulau Karimun Jawa, Pulau Pari, Pulau Peucang, dan beberapa tempat lainya di luar negri. Selebihnya kami membahas tentang Bahasa, budaya – budaya, serta adat istiadat yang ada di Indonesia. Tentu saja diskusi tersebut membuat 22portgas memiliki cara pandang sekaligus cara berfikir yang baru.

Dan 22portgas sendiri mendapatkan beberapa garis besar mengenai diskusi yang berlangsung di pulau Sangiang. Jujur ini adalah pertama kalinya 22portgas bisa berdiskusi dengan perserta lainya saat traveling. Dan berikut ini adalah garis bersar dari diskusi tersebut.

Pengalaman Tentang Luar Negri

Ketika mengikuti paket wisata open trip ke pulau sangiang 22portgas bertemu dengan seorang wanita yang sangat cerdas. Dia menguasai 8 bahasa berbeda, Tetapi hanya 4 bahasa saja yang fasih. Dia sering melakukan perjalanan ke luar negri. Seperti Rusia, Jepang, Italia, Singapura, India, Canada, dan masih banyak lagi.

Sebut saja wanita ini sebagai Ratna (nama samaran). Saat itu Ratna berbagi cerita kedapa kita tentang pengalaman – pengalamanya ketika melakukan traveling ke luar negri. Hal itu membuat 22portgas mendapatkan sudut pandang yang baru tentang situasi dan kondisi di luar negri.

Dan 22portgas pun bersyukur karena telah dilahirkan di negara yang sangat kaya bernama Indonesia. Ratna bekerja sebagai transleter, Dia juga sempat beberapa kali berkunjung ke negara jepang dan negara lainya untuk urusan kantor.

Traveling
Traveling Adalah Cara 22Portgas Untuk Bersyukur Karena Sudah Terlahir Di Indonesia

Inti dari cerita pengalaman – pengalamanya itu adalah tidak selamanya yang terlihat indah itu memang benar – benar indah. Dan bersyukurlah menjadi orang Indonesia, Karena sebenarnya Indonesia memiliki banyak hal yang negara lain tidak memilikinya.

Seperti iklimnya yang tropis, Bahasa daerah yang unik, dan hasil bumi yang melimpah ruah. Ada banyak makanan yang enak di Indonesia, Tanaman – tanaman tumbuh dengan sangat subur. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki biji kopi yang berkualitas tinggi dan sudah sangat dikenal di seluruh dunia.

Ada banyak sekali cerita pengalaman yang Ratna bagikan kepada kita saat forum diskusi berlangsung. Salah satunya adalah negara – negara maju di dunia ini memang bisa memproduksi alat – alat canggih seperti mobil, HP, pesawat, dan lain – lain.

Tetapi mereka tetap tidak bisa memproduksi sesuatu hal yang Indonesia sudah miliki sejak lama, Yaitu BUDAYA. Apabila mereka ingin memproduksi budaya, Maka hal itu membutuhkan puluhan bahkan ratusan tahun untuk menciptakanya.

Pengalaman Teman Seperjalanan Tentang Indonesia

Setelah mendengar pengalaman – pengalaman Ratna tentang luar negri. 22portgas juga mendengarkan cerita pengalaman – pengalaman dari teman – teman yang lainya. Seperti cerita dari salah satu teman 22portgas yang bernama Putra (Nama Samaran).

Dia bercerita tentang budaya – budaya Indonesia yang berbeda – beda disetiap provinsinya. Dan ketidaktahuan seseorang tentang budaya yang satu dengan yang lainya terkadang bisa menimbulkan sebuah pertengkaran atau pertikaian.

Explore Pulau Sangiang
Traveling Merupakan Salah Satu Cara 22Portgas Untuk Memahami Perbedaan Yang Ada

Salah satu teman 22portgas saat itu yang bernama Putra merupakan orang padang yang bekerja di Jakarta sebagai seorang pegawai swasta. Dia membagikan pengalamanya mengenai hal tersebut kepada kami di forum diskusi malam itu.

Putra merupakan orang baru disuatu tempat di pulau jawa, Wajar apabila dia tidak begitu memahami sifat dari orang – orang jawa yang kalem dan lembut. Bagi orang padang menatap muka lawan bicara merupakan cara untuk menghargai lawan bicaranya.

Tetapi tidak bagi orang – orang jawa, Hal tersebut justru dianggap sebagai sebuah tantangan. Karena ketidaktahuan putra tentang hal tersebut, Maksud baik putra untuk menghormati lawan bicaranya berubah menjadi sebuah perkelahian.

Memang terkadang perbedaan bisa memicu sebuah pertengkarang apabila kita tidak saling mengerti antara yang satu dengan yang lainya. Dan melakukan traveling adalah salah satu cara 22portgas untuk memahami perbedaan – perbedaan tersebut.

Indonesia Dengan Keberagamanya

Indonesia memang memiliki banyak sekali keunikan. 22portgas pun teringat dengan seorang wanita yang pernah 22portgas temui ketika traveling ke pulau pahawang. Saat itu 22portgas berbicara denganya dengan menggunakan logat khas Palembang agar lebih akrab.

Tetapi wanita tersebut malah berkata “Bang itu mah logat orang padang, Bukan Palembang”. Saat itu 22portgas pun heran sambil bertanya kepadanya “Lah emang beda ya ?”. Wanita itu pun kembali berkata “Ya beda lah bang”.

Tanjung Begal Di Pulau Sangiang
Traveling Mengajarkan 22Portgas Tentang Apa Itu Perbedaan

Dari sini 22portgas menyadari bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki Bahasa dan culture atau budaya yang berbeda. Hal yang menurut kita lucu belum tentu menurut orang lain lucu. Bahkan bisa jadi candaan yang kita lontarkan malah menyakitkan hati orang lain.

Begitu juga dengan kebiasaan, Orang – orang Sumatra jelas memiliki kebiasaan yang berbeda dengan orang – orang jawa. Perbedaan – perbedaan inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang sangat kaya akan budayanya.

Bukan hanya dari hasil alamnya yang melimpah ruah tetapi juga budaya, Bahasa, ras, dan suku yang berbeda disetiap wilayahnya. Walaupun berbeda kita tetap menjadi satu kesatuan bernama Indonesia. Dan mengikuti paket wisata Open Trip, membuat 22portgas sadar tentang hal tersebut.

Mendapatkan Teman – Teman Baru Di Pulau Sangiang

Pada anime Hunter X Hunter, Salah satu karakternya yaitu Senritsu yang secara kebetulan bertemu dengan Kurapika di atas kereta untuk pertama kalinya. Saat itu Senritsu berbicara kepada Kurapika dengan berkata “Perjalanan akan membawa teman”.

Terkadang perkataan – perkataan di dalam film kartun ada benarnya juga. Karena ketika 22portgas melakukan traveling, Disaat itu pula 22portgas akan mendapatkan teman baru.  Hal yang lebih menggembirakan lagi adalah teman – teman 22portgas ini tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Perjalanan Yang Menyenangkan
Perjalanan Ke Pulau Sangiang Memeberikan Banyak Kenangan Manis Dan Pola Pikir Baru

Seperti Yogyakarta, Palembang, Makasar, Jepara, Bandung, Bekasi, dan Jakarta. Memang pertemuan 22portgas dengan mereka hanya berlangsung sangat singkat, Tetapi pertemuan tersebut memiliki kesan yang mendalam. Jadi tidak heran apabila kita merasa seperti teman lama.

Bahkan 22portgas sempat diundang ke acara pernikahan seorang teman yang baru saja bertemu beberapa jam saja di dalam bus menuju kota jepara. Hal ini terjadi ketika 22portgas melakukan traveling ke pulau karimun jawa.

Jelas ini bukan tentang seberapa lama kita mengenal seseorang, Tetapi seberapa kena dia di hati. Bukan hanya itu setelah menikah pun dia justru mengenalkan teman baiknya kepada 22portgas. Dan mendoakan 22portgas agar berjodoh dengan teman baiknya tersebut.

Alhamdulilah, Ketika di pulau Sangiang 22portgas juga bertemu dengan orang – orang yang tidak jauh berbeda. Mereka semua mau berbaur dan saling menghargai antara yang satu dengan yang lainya. Seperti yang 22portgas sebutkan sebelumnya, Kami seperti satu kesatuan.

Memang 22portgas sudah beberapa kali mendapatkan teman – teman yang baik seperti mereka ketika sedang melakukan traveling. Tetapi di pulau Sangiang, 22portgas mendapatkan sesuatu yang sangat istimewa.

Pantai Di Pulau Sangiang
Terima Kasih Teman – Teman Karena Sudah Membuat Traveling Kali Ini Menjadi Sangat Berkesan Dan Tidak Terlupakan

Yaitu teman – teman yang mau berbaur antara yang satu dengan yang lainya. Sekaligus cara pandang dan pola pikir yang baru untuk menyikapi sesuatu. Hal inilah yang terkadang membuat kami tidak keberatan untuk bertemu kembali dilain kesempatan.

Seperti teman 22portgas yang bertemu ketika berkunjung ke Pulau Peucang yang berada di Ujung Kulon. Setelah traveling ke pulau Peucang kami pun janjian untuk melakukan perjalanan bersama – sama di Pulau Pari tanpa menggunakan agent travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!