Mempelajari Hal Baru Dari Pulau Sebesi

Pada awalnya 22portgas sedikit khawatir untuk melakukan Traveling ke pulau Sebesi. Alasannya jelas, Yaitu karena saat ini kita masih dalam masa Pandemi Virus Covid 19. Tetapi 22portgas tetap tidak bisa menahan rasa kangen 22portgas untuk melakukan kegiatan olahraga favorit 22portgas saat ini, Yaitu Snorkeling.

Akhirnya 22portgas memberanikan diri untuk melakukan perjalanan ke pulau Sebesi. Tentu saja dengan menggunakan Protokol Kesehatan yang sudah ditentukan sebelumnya. Seperti tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan tentu saja tidak berkumpul satu sama lain. Hal yang membuat 22portgas tertarik pada pulau Sebesi ini adalah keindahannya.

Seorang teman menceritakan pada 22portgas tentang keindahan pulau Sebesi. Karena saat itu 22portgas belum pernah ke pulau Sebesi jadi 22portgas hanya mendengarkan ceritanya. Sampai pada akhirnya 22portgas memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke pulau tersebut di tahun 2020 lalu.

22portgas di Pulau Umang - Umang
Look deep into nature, And then you will understand everything better

Pulau Sebesi merupakan salah satu pulau yang terletak di selat sunda. Sama seperti Pulau Peucang di daerah taman nasional Ujung Kulon, Pulau Pahawang, dan Pulau Sangiang. Masing – masing pulau tersebut memiliki kesan dan cerita yang berbeda bagi 22portgas. Ada banyak rasa dibalik sebuah cerita dan ada banyak cerita pada sebuah peristiwa.

Seperti itulah kira – kira kata yang tepat dari 22portgas. Tentu saja Pulau Sebesi juga memiliki kesan tersendiri yang terukir di dalam ingatan 22portgas. Karena selain dilakukan pada imasa pandemi Virus Covid 19, Perjalanan kali ini juga merupakan traveling pertama 22portgas bersama dengan seorang wanita yang sudah resmi menjadi istri 22portgas.

Masih Di Berikan Kesempatan Untuk Traveling

Terus terang 22portgas sangat bersyukur, Karena masih diberikan kesempatan serta rezeki untuk melakukan traveling ke pulau sebesi bersama istri tercinta. Karena ternyata beberapa teman istri tidak bisa melakukan perjalanan setelah menikah. Hal itu disebabkan istrinya yang sudah isi alias hamil muda.

Tidak mau ambil resiko, Merekapun memilih untuk membatalkan rencana perjalanan kesuatu tempat. Dan belum diketahui secara pasti kapan mereka akan melakukan perjalanan. Bahkan ada juga yang belum bisa melaksanakan resepsi akibat pandemic virus Covid 19. Jadi 22portgas benar – benar sangat bersyukur dengan perjalanan 22portgas kali ini.

Menjadi Tour Leader Atau Tour Guide

Seperti pada perjalanan – perjalanan 22portgas sebelumnya, Pada perjalanan kali ini lagi – lagi 22portgas dipertemukan dengan orang yang menarik. 22portgas dipertemukan dengan orang – orang yang sepertinya memiliki selera dan pemikiran yang sama. Ketika sedang mengobrol mereka semua seperti bisa membaca pikiran 22portgas.

Usut punya usut ternyata kebanyakan dari mereka adalah seorang Tour Leader atau Tour Guide yang sedang menjadi peserta, Sama seperti 22portgas. Mereka memutuskan untuk menjadi peserta karena mereka sudah merasa sangat bosan berada di dalam rumah. Mereka butuh udara segar untuk menyegarkan kembali jiwa dan hatinya.

Maklum, mereka biasa melayani peserta – peserta yang ingin pergi keluar negri. 22portgas ingat betul salah satu dari mereka berkata “Aku biasa melayani waktu liburan, Sekarang aku mau dilayani”. Jujur 22portgas sendiri sebenarnya pernah berfikir ingin berprofesi sebagai seorang Tour Leader atau Tour Guide.

Karena entah kenapa setelah banyak melakukan Traveling, 22portgas menjadi sangat senang ketika bertemu dan berkenalan dengan orang – orang baru. Dan profesi Tour Leader berpeluang besar untuk bisa bertemu orang – orang baru disetiap minggunya. Lagi – lagi perjalanan kali ini 22portgas belajar hal yang baru.

Pantai Di Pulau Sebuku Besar

Ketika kapal sudah berangkat dari dermaga Canti menuju pulau Sebuku besar sebelum ke Pulau Sebesi, 22portgas tertidur dan terbangun ketika kapal sudah bersandar di pantai pulau Sebuku Besar. Seperti yang sudah 22portgas ceritakan diawal bahwa 22portgas sangat menyukai lautan, Jadi begitu terbangun dan melihat kapal sudah berhenti.

Pantai Di Pulau Sebuku
Suasana Yang Sepi Membuat Pantai Ini Menjadi Sangat Nyaman

22portgas langsung bergegas pemanasan dan mencari alat senorkeling, Lalu bersiap untuk nyebur ke laut. Mohon untuk diwajarkan karena 22portgas sudah menahan keinginan untuk nyebur kelaut sekitar 9 bulan lamanya. Dan begitu nyemplung kedalam air laut, ternyata di tempat tersebut banyak sekali binatang kecil yang menggigit badan 22portgas.

Saking kecilnya, Binatang – binatang ini tidak terlihat oleh mata. Memang gigittan dari binatang – binatang kecil ini tidak terlalu sakit, tetapi tetap saja menganggu. Biarpun binatang di sekitar perairan pantai ini tidak begitu bersahabat, Suasana Pantai di pulau Sebuku ini tetap layak untuk dinikmati.

Selain tidak terlalu ramai, Pantai ini juga masih sangat alami. Ada banyak sekali pohon – phon besar yang tumbuh disekitar pantai. Ditambah lagi air laut disini sangat sangat tenang sekaligus bening. Tetapi 22portgas mau sedikit mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.

Takut Tenggelam Saat Snorkeling

Inilah kegiatan yang 22portgas nanti – nantikan ketika melakukan traveling ke pulau Sebesi. 22portgas sangat suka kegiatan ini, Jadi wajar saja apabila kapal sudah sampai di salah satu spot Snorkeling. 22portgas akan langsung melakukan pemanasan dan bergegas untuk terjun kedalam air laut.

Dan biasanya 22portgas adalah orang pertama yang akan turun kedalam air ketika kapal sudah sampai pada spot Snorkeling. Bahkan 22portgas akan lebih dulu turun dari pada kru kapal itu sendiri. Saat itu ada dua spot Snorkeling yang 22portgas jelajahi, Spot tersebut bernama Cemara dan Gligi. Keduanya memiliki keindahan karang yang luar biasa bagus.

Tidak ada kata – kata yang cukup untuk menggambarkan keindahan alam bawah laut disini. Barisan terumbu karang tersebut seperti ada yang mengatur, Dan memang sudah diatur oleh Allah Ta’ala yang maha pencipta segala sesuatu. Ada peristiwa unik yang terjadi ketika 22portgas sedang asik menikmati keindahan bawah laut di sekitar pulau Sebesi.

Snorkeling
Penampakan Salah Satu Spot Snorkeling Yang Ada Di Sekitar Pulau Sebuku

Peristiwa unik tersebut adalah istri 22portgas yang ngambek karena merasa dirinya dicuekin. Dia berdalih bahwa dirinya bisa tenggelam apabila di biarkan begitu saja di tengah laut. Padahal saat itu istri 22portgas sudah menggunakan pelampung. Jadi kecil kemungkinan dia akan tenggelam di tengah laut.

Toh, kondisi arus laut saat itu sangat tenang. Jadi aman buat di melakukan Snorkeling. Jelas tenggelam adalah alasan yang dibuat – buat, Tujuan sebenarnya dari istri 22portgas adalah diperhatikan. Jadi sebagai suami, 22portgas berusaha untuk membujuknya agar kembali happy dan tidak ngambek lagi.

Memang harus diakui bahwa sekilas 22portgas lupa bahwa perjalanan kali ini 22portgas tidak sendirian lagi. 22portgas sudah memiliki seorang istri yang menemani 22portgas melakukan traveling ke pulau sebesi. Untunglah 22portgas berhasil merayunya dan membuat dia kembali senang.

Gunung Di Tengah Pulau Sebesi

Perlu diketahui bahwa lokasi Pulau Sebesi letaknya tidak jauh dari Gunung Krakatau yang saat ini masih aktiv. Ada satu pertanyaan yang terlintas di kepala 22portgas ketika pertama kali melihat pulau Sebesi. Pertanyaan tersebut adalah “Apakah gunung yang berada disitu adalah Gunung Krakatau?”.

Jawabannya bukan, Karena ternyata gunung Krakatau berada dibalik gunung tersebut. menurut cerita dari warga yang tinggal di pulau Sebesi, Ketika gunung Krakatau meletus. Para penduduk pulau Sebesi tetap aman karena adanya gunung di pulau tersebut. Biarpun sebenarnya jarak gunung Krakatau ke Pulau Sebesi cukup dekat.

Penyu Di Dermaga

Cerita ini 22portgas dapat dari warga local, katanya letusan Gunung Krakatau kemarin membuat sejumlah Penyu datang ke Dermaga di pulau Sebesi. Penyu – penyu ini akan muncul ketika malam tiba untuk mencari makan. Awalnya 22portgas tidak percaya dengan cerita ini, Tetapi ternyata itu benar adanya.

Penyu DI Pulau Sebesi
Penyu Yang Sedang Berenang Di Dermaga Pulau Sebesi

Ada banyak penyu yang berenang – renang di dermaga. Sebuah peristiwa yang sangat langka terjadi dan bisa dinikmati langsung di alam bebas. Sesekali para wisatawan dan warga melemparkan pisang kearah penyu yang sedang berenang. Tentu saja ini menjadi hiburan sekaligus daya tarik tersendiri bagi para wisatawan seperti 22portgas dan istri.

Kondisi dermaga pulau Sebesi yang cukup terang juga membuat para wisatawan lebih nyaman untuk datang dan melihat penyu – penyu tadi. Biarpun jam sudah menunjukkan pukul 10 malam. Karena semakin malam ternyata Dermaga semakin ramai. Tidak hanya wisatawan seperti 22portgas dan istri saja yang mau melihat penyu – penyu berenang di dermaga.

Fasilitas Yang Luar Biasa Di pulau Sebesi

Bisa dibilang fasilitas yang ada di pulau ini sangat luar biasa. Dan terus terang, 22portgas sendiri cukup kaget dan tidak menyangka dengan fasilitas yang ada di pulau Sebesi ini. Mulai dari Homestay yang nyaman, Bahkan salah satu dari Homestay ini sudah dilengkapi oleh Ac. Letak dari Homestay ini juga langsung menghadap ke arah laut.

Homestay Pulau Sebesi
Salah Satu Penginapan Yang Ada Di Pulau sebesi

Sebenarnya bagi seorang traveler, 22portgas tidak pernah mengeluh tentang kondisi Homestay ketika sedang traveling ke suatu tempat. Tetapi kondisi Homestay di pulau Sebesi sangat luar biasa, 22portgas dan Istri sempat saling menatap karena tidak menyangkan akan mendapatkan homestay sebagus ini.

Pulau Kecil Bernama Umang – Umang

Lokasi pulau yang satu ini tidak jauh dari Pulau Sebesi, Saking dekatnya kita bisa melihat pulau ini dari dermaga pulau Sebesi ketika siang hari. Katanya alasan kenapa pulau ini bernama Umang – umang adalah karena di pulau ini terdapat banyak sekali binatang bernama umang. Tetapi ketika 22portgas kesana, 22portgas tidak menemukan binatang tersebut.

Menurut 22portgas, Pulau ini sangat nyaman, dan juga indah. pasir pantai yang berwarna putih serta air laut dengan ombak yang tidak terlalu kencang membuat kita tidak akan bosan berada di tempat ini. Ditambah lagi ada banyak batu – batu alami yang indah, Menambah daya tarik dari pulau Umang – umang ini.

Senja Di Pulau Umang - Umang
Suasana Senja Di Pantai Pulau Umang – Umang Bersama Dengan Rombongan

Tetapi kalian juga harus ingat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Kalo bukan kita yang menjaga kebersihannya lalu siapa ?. Ketika itu 22portgas serta rombongan diberikan waktu yang lumayan lama untuk menikmati keindahan dari pulau Umang – umang ini. 22portgas sendiri memanfaatkan waktu tersebut untuk berfoto sekaligus menikmati keindahan dari pulau ini.

Waktunya Pulang Dari Pulau Sebesi

Selain pengelaman dan teman baru, Hal yang bisa 22portgas dapatkan dari perjalanan kali ini adalah ilmu dan cara pandang yang baru. Seperti yang sudah 22portgas bahas diawal bahwa perjalanan kali ini 22portgas dipertemukan dengan beberapa orang Tour Leader atau Tour Guide. Jadi sambil menikmati perjalanan 22portgas juga menanyakan beberapa hal kepada mereka.

Salah satu pertanyaan tersebut adalah “Bagaimana cara menjadi seorang Tour Leader atau Tour Guide?”. Mereka pun tidak segan membagikan ilmu yang mereka punya pada 22portgas. Dan itulah yang 22portgas dapatkan ketika melakukan Traveling ke Pulau Sebesi. Tempat pertama 22portgas melakukan perjalanan dengan seorang istri tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!