Nyi Loro Kidul Sang Penguasa Pantai Selatan

Sama seperti cerita tentang kapal hantu bernama The Flying Ducthman sebuah legenda dari negri kincir angin Belanda. Di Indonesia juga punya legenda yang juga terkenal. Apalagi kalau bukan sosok Nyi Loro Kidul. Masyarakat yang tinggal di pulau jawa khususnya di daerah pantai selatan Jawa kemungkinan besar sudah mengetahui legenda yang satu ini. Karena memang cerita legenda ini sudah hidup turun temurun di tengah – tengah masyarakat, Dan memiliki begitu banyak versi tentang legenda ini. Konon Nyi Loro Kidul adalah sosok penguasa pantai selatan jawa yang biasa disebut sebagai Ratu Pantai Selatan. Dan menurut cerita yang beredar di masyarakat, Sudah banyak yang menjadi korban dan rata – rata yang menjadi korbanya tergolong masih muda serta memakai baju atau celana hijau. Karena itu adalah warna favorit Nyi Loro Kidul. Konon mereka yang menjadi korbanya akan di jadikan budak atau balatetara oleh Nyi Loro Kidul (Sang Penguasa Pantai Selatan). Lalu bagaimana awal mula legenda ini ?

 

Jadi begini, PadaZaman Dahulu kala tepatnya pada saat Indonesia masih terdiri dari beberapa kerajaan. Dan salah satu dari kerajaan tersebut bernama kerajaan Siliwangi. Tentu saja di kerajaan tersebut terdapat permaisuri dan selir. Suatu ketika salah satu dari permaisuri melahirkan seorang anak perempuan yang sangat cantik bahkan kecantikanya melebihi kecantikan ibunya sendiri. Anak perempuan tersebut diberi nama Putri Kadita. Selain cantik sang putri juga memiliki sifat baik hati. Jelas hal tersebut membuat cemburu para permaisuri dan selir kerajaan lainya yang tentu saja tidak mau tersingkir dari hadapan Prabu Siliwangi. Karena hal tersebut jelas merugikan mereka, Dibuatlah sebuah siasat agar sang putri dan ibundanya di usir dari kerajaan. Dengan menggunakan sihir sang putri dan ibundanya terkena sebuah penyakit kulit yang menjijikan. Sang Prabu Siliwangi pun takut penyakit itu menyebar ke seluruh kerajaan.

 

Nyi Loro Kidul Sang Penguasa Pantai Selatan

Karena takut maka sang Prabu pun tak mau mengambil resiko dan langsung mengusirnya dari wilayah kerajaan. Sejak saat itu Putri Kadita dan ibundanya pun memulailah perjalanan mereka tanpa tujuan yang jelas. Mereka berdua bingung mau kemana, Dan ditengah – tengah perjalananya tersebut ibunda Putri Kadita meninggal dunia. Tentu saja hal ini semakin menambah penderitaan sang Putri. Putri Kadita pun meneruskan perjalananya kearah selatan sampai pada suatu tebing. Di tebing tersebut Putri Kadita melihat pemandangan yang sangat indah. Karena kelelahan maka sang Putri pun tertidur pulas. Dan di dalam tidurnya ia bermimpi ada orang suci yang memberitahunya bahwa dia bisa sembuh dari penyakit kulitnya dan akan menjadi cantik kembali sekaligus mendapatkan kekuatan supranatural dan keabadian apabila dirinya terjun dari tebing tersebut. Setelah terbagun, Tanpa pikir panjang lagi sang Putri kadita pun langsung terjun dari tebing tersebut. Perkataan dari orang suci tersebut ternyata benar, Sang putri sembuh dari penyakitnya dan cantik kembali sekaligus memiliki kekuatan supranatural dan keabadian. Jadi Nyi Loro Kidul Sang penguasa Pantai Selatan tersebut adalah jelmaan dari Putri Kadita yang dulunya adalah seorang permaisuri dari kerajaan Siliwangi.

 

Baca juga : Kumpulan Kata – Kata Bijak

 

Konon para korbanya adalah salah satu dari keturunan permaisuri / selir Prabu Siliwangi, yang dahulu pernah membuat dirinya sangat menderita. Itulah sebabnya mengapa para korban rata – rata masih muda belia. Lalu apakah hal ini benar ? Tentu saja semuanya terserah pada pilihan anda, Antara mau Percaya atau tidak sama sekali. Yang pasti legenda ini sudah hidup secara turun temurun dan dari generasi ke generasi. Namun seorang teman saya pernah memberitahu saya tentang hal ini. Katanya Samudra Beach Hotel di pelabuhan ratu menyediakan kamar khusus untuk sang ratu dengan nomor kamar 308 sebagai tempat peristirahatanya. Kata pegawai di hotel tersebut, Apabila sang ratu sedang menginap maka kamarnya akan wangi dan setelah menginap kamarnya pun menjadi berantakan. Kembali lagi pada pilihan dari masing – masing individu. Lebih memilih untuk percaya atau tidak. Secara geografis penyebab banyaknya Korban yang jasadnya hilang adalah arus ombak yang kencang serta terdapat palung laut di daerah tersebut atau bahasa awamnya jurang yang berada dilaut tersebut. Karena jurang ini berada di dalam laut maka tidak heran apabila jurang ini tidak terlihat di pesisir pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!