Batu Poneglyph Dan Sejarah Abad Kekosongan

Dalam dunia One Piece terdapat sebuah batu yang tidak bisa dihancurkan, Batu tersebut bernama batu Poneglyph. Dan berbicara mengenai batu kuno tersebut tidak akan lepas dari Klan Kouzuki dari Wano kuni dan juga Void Century atau Abad Kekosongan.

Karena pada dasarnya pembahasan mengenai batu kuno ini memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain. Pembahasan ini juga bisa kalian nikmati dalam bentuk Video yang terdapat di Channel Youtube 22portgas dengan judul video “Asal Usul Batu Poneglyph“. Semoga kalian menikmati pembahasan tersebut.

Apa itu Batu Poneglyph

Batu Poneglyph adalah sebuah batu persegi peninggalan dari masa lalu yang terdapat pahatan tulisan – tulisan kuno mengenai sejarah abad kekosongan atau Void Century dan Senjata Kuno dengan daya hancur luar biasa. Batu kuno ini berjumlah 30 buah dan tersebar diseluruh dunia One Piece.

Batu Poneglyph
Batu Kuno Yang Tidak Bisa Hancur Walau Sudah Berumur Ratusan Tahun

Tulisan – tulisan kuno yang terpahat pada batu Poneglyph ini menceritakan tentang sejarah masa lalu yang sengaja dihilangkan oleh pihak – pihak tertentu. Sebuah sejarah yang terjadi pada 900 hingga 800 tahun yang lalu, Sejarah yang hilang ini disebut sebagai abad kekosongan atau Void Century.

Jadi kejadian mengenai 100 tahun yang hilang tersebut hanya diketahui oleh orang – orang tertentu saja, Seperti Edward New Gate, Gol D Rojer, dan semua anak buahnya. Jangan lupa untuk Like Fanspage facebook 22portgas untuk mendapatkan updetan – updetan terbaru dari 22portgas.

Isi Dari Tulisan – Tulisan Kuno Yang Terpahat Pada Batu Poneglyph

Batu Poneglyph ini tidak hanya menceritakan tentang sejarah 100 tahun yang ingin dihilangkan pihak – pihak tertentu saja. Tetapi juga menceritakan tentang adanya senjata pemusnah masal yang pernah ada saat Void Century atau Abad Kekosongan sekaligus tata cara untuk membuatnya.

Senjata pemusnah masal ini ada 3 buah dan masing – masing memiliki daya hancur yang sangat menakutkan, Saking menakutkanya sampai – sampai senjata kuno atau Ancient Weapon ini memiliki nama – nama dewa. Seperti Pluton, Poseidon, dan Uranus.

Batu Kuno Poneglyph
Calgara Dan Norland Saat Melihat Tulisan Kuno Yang Terpahat Pada Batu Poneglyph Di Skypiea

Semuanya ada pada tulisan – tulisan kuno yang terpahat pada batu Poneglyph. Jelas keberadaan 3 senjata kuno ini dianggap sebuah ancaman bagi eksistensi pihak Pemerintah Dunia. Batu kuno ini juga terdiri dari 3 jenis yaitu Road Poneglyph, Rio Poneglyph dan Poneglyph biasa.

Perlu kalian ketahui bahwa 3 senjata kuno yang pernah ada di masa lalu memiliki wujud yang berbeda – beda. Begitu juga dengan 3 jenis batu poneglyph yang memiliki fungsi yang berbeda antara yang satu dengan yang lainya. Dan 22portgas akan menjelaskanya secara singkat dibawah.

Wujud Dari Senjata Kuno Dan Fungsi Dari 3 Jenis Batu Poneglyph

Pluton, Poseidon, dan Uranus adalah nama – nama dari senjata kuno atau Ancient Weapon yang tertulis pada batu kuno tersebut. Wujud dari Pluton adalah kapal perang, Lalu Poseidon memiliki bentuk putri duyung raksasa, Sedangkan Uranus sampai saat ini wujudnya belum diketahui.

Lalu jenis dari batu poneglyph ini ada 3, Dan yang akan kita bahas pertama kali adalah Road Poneglyph. Jumlahnya hanya 4 buah dan memiliki warna yang berbeda dengan jenis poneglyph lainya. Apabila biasanya Poneglyph berwarna abu – abu maka Batu Road Poneglyph ini berwarna merah.

Fungsinya sendiri adalah sebagai petunjuk arah untuk menuju pulau terakhir bernama Raftel yang merupakan tempat dimana harta karun One Piece berada. Setelah itu yang kedua adalah Rio Poneglyph yang berwarna abu – abu dan di dunia One Piece hanya ada 9 buah.

Batu Poneglyph Milik Bigmom
Batu Kuno Milik Charlotte Linlin Yang Tersimpan Di Ruang Harta Karun

Rio Poneglyph ini berisikan tentang potongan – potongan informasi yang sangat penting tentang kebenaran dari sejarah 100 tahun yang sengaja dihilangkan oleh pihak – pihak tertentu. Singkatnya batu kuno jenis ini berisikan potongan informasi tentang Void Century atau Abad Kekosongan.

Dan yang terakhir adalah Poneglyph biasa yang hanya berisikan tentang informasi umum mengenai lokasi batu poneglyph lainya. Apabila informasi mengenai batu Poneglyph yang hanya berjumlah 30 buah itu benar maka batu kuno jenis ini ada 17 buah dan tersebar ke seluruh penjuru Dunia One Piece.

Sekedar informasi tambahan bahwa saat ini Nico Robin adalah satu satunya orang yang mampu membaca tulisan – tulisan kuno tersebut. Kalian bisa Follow akun Instagram 22portgas untuk mendapatkan informasi terupdate dan menarik dari 22portgas.

Awal Mula Pembuatan Batu Poneglyph Di Dunia One Piece

Batu poneglyph pertama kali dibuat ketika 800 tahun yang lalu, Saat itu terdapat keluarga atau Klan yang sangat ahli dalam hal memahat serta menambang bebatuan. Klan tersebut bernama Klan Kouzuki dari Wano Kuni yang saat ini menjadi negara tertutup.

Batu Poneglyph Menceritakan Peristiwa Void Century
Klan Kuzuki Yang Sedang Memahat Batu Poneglyph Dan Menyebarkanya Ke Seluruh Dunia One Piece

Dalam urusan menambang sekaligus mengolah batu Klan Kouzuki adalah ahlinya dan tidak ada yang bisa menandingi kemampuan mereka dalam urusan mengolah batu. Klan inilah yang membuat sekaligus memahat tulisan – tulisan kuno yang nantinya kita kenal dengan nama Poneglyph.

Tidak hanya itu, Klan Kouzuki juga mampu membaca tulisan – tulisan kuno yang terpahat pada batu tersebut hingga menyebarkanya keseluruh penjuru dunia One Piece. Kemampuan Klan Kouzuki dalam hal menambang dan mengolah batu ini diwariskan dari generasi ke generasi.

Tetapi kemampuan yang hebat tersebut harus berakhir pada generasi Oden Kouzuki. Jadi Momonosuke dan Hiyori yang merupakan anak dari Oden Kouzuki tidak bisa menulis serta membaca tulisan – tulisan kuno yang terpahat pada batu Poneglyph, Begitu juga dengan para ajudanya.

Kematian Oden Kouzuki Di Wano Kuni

Oden Kouzuki sendiri sudah mati dieksekusi dengan cara direbus oleh Kurozomi Orochi yang saat itu melancarkan kudeta dengan beraliansi dengan salah satu kaisar lautan atau Yonkou Kaido. Ternyata Kaido juga tertarik untuk mengetahui tentang abad kekosongan atau Void Century.

Klan Kouzuki
Kaido Membantu Kurozomi Orochi Untuk Mengkudeta Klan Kouzuki

Selain sebagai seorang penguasa di sebuah negara tertutup bernama Wano Kuni, Oden Kouzuki juga merupakan bagian dari kelompok Bajak Laut Rojer yang nantinya menjadi seorang Raja Bajak Laut. Itu artinya Oden Kouzuki juga ikut berlayar bersama dengan Rojer hingga ke pulau terakhir, Yaitu pulau Raftel.

Tidak heran apabila Kaido menganggap bahwa Raja Oden Kouzuki mengetahui sejarah sebenarnya dari abad kekosongan atau Void Century. Tetapi saat itu Raja Oden Kouzuki lebih memilih untuk dieksekusi mati dengan cara direbus, Dibandingkan menceritakanya kepada Kaido.

Hasil Hipotesis Dari Professor Clover Tentang Void Century Atau Abad Kekosongan

Professor Clover dari Ohara pernah memberikan hasil hipotesisnya kepada pemimpin tertinggi dunia One Piece alias Gorosei melalui Den den mushi. Saat itu Professor Clover bercerita bahwa dahulu, Pernah ada sebuah negara yang sekarang keberadaanya sudah tidak ada.

Negara tersebut merupakan negara yang besar dan sangat berpengaruh di Dunia One Piece saat itu. Tetapi keberadaan dari Negara tersebut sudah dihapus dengan sangat hati – hati oleh pihak – pihak tertentu. Dan kemungkinan besar yang mengalahkan negara ini nanti bernama Pemerintah Dunia.

Professor Clover
Professor Clover Menjelaskan Tentang Adanya Kerajaan Kuno Yang Pernah Ada Saat Abad Kekosongan Atau Void Century

Sayangnya, Ketika Professor Clover ingin menyebut nama dari negara besar tersebut, Pihak Gorosei sudah memerintahkan para Angkatan Laut yang berada di lokasi untuk menembaknya. Banyak yang berteori bahwa Negara besar ini memiliki keterkaitan dengan para penyandang Nama D.

Seperti Trafalgar D Law, Marshall D Teach, Haguar D Sauro, Portgas D Ace, dan sang pemeran utama Monkey D Luffy serta ayahnya Monkey D Dragon dan kakeknya Monkey D Garp. Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada Eiichiro Oda karena telah membuat cerita One Piece menjadi sangat menarik.

Selain menarik karakter – karakter yang ada di cerita One Piece juga sangat menginspirasi. Dan terima kasih juga untuk kalian semua yang sudah bersedia membaca artikel ini, Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua sekaligus menambah pengetahuan kita mengenai One Piece.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!